Gratis berlangganan artikel Zykry via mail, join sekarang!

Tuesday, June 29, 2010

Tabung Gas Perlu Uji Tak Rusak

 
Jakarta (ANTARA) - Tabung gas dan pelengkapnya seperti selang, regulator dan kompor gas tidak cukup hanya berstandar nasional Indonesia tetapi perlu juga dilakukan uji tak rusak untuk meningkatkan keamanannya dari kebocoran dan keselamatan dalam pengoperasian.
"Dengan teknik ini keretakan sekecil apapun pada bagian dalam tabung akan terdeteksi," kata Ketua Asosiasi Uji Tak Rusak Indonesia (AUTRI) Soeripto Soedarminto di Jakarta, Selasa.
Dalam proses produksi massal tabung di pabrik pasti ada saja beberapa yang mutu lasnya tidak baik yang jika tak langsung terdeteksi dapat menjadi sumber kebocoran tabung yang fatal di kemudian hari, katanya.
Cacat-cacat yang sangat kecil itu hanya bisa diketahui bila dilakukan dengan uji tak rusak (UTR) antara lain dengan metode radiografi, dan bukan dengan melakukan uji tekanan dan kebocoran saja seperti yang biasa dilakukan selama ini.
UTR atau NDT (Non Destructive Testing) adalah suatu teknik analisis yang digunakan dalam industri untuk mengevaluasi sifat-sifat material, komponen atau sistem tanpa menyebabkan terjadinya kerusakan objek yang diuji, misalnya dengan teknik radiografi, ultrasonik, magnetic particle, georadar, Computed Tomography (CT)-Scan, laser, thermal dan teknik Infra Red.
Sementara itu, Direktur Komersial PT Sucofindo, Ganis Ramadhani mengatakan, sudah lebih dari empat juta tabung gas ukuran 3kg yang beredar di masyarakat, namun baru satu juta tabung yang dilakukan UTR, sisanya belum diuji tak rusak, padahal target peredaran tabung gas 3kg sampai 30 juta tabung.
"Sucofindo baru menguji dengan UTR 500 tabung dan 500 tabung lagi oleh PT Surveyor Indonesia. Sulit bagi kami melakukan UTR dengan ongkos uji hanya Rp1.000 per tabung, atau Rp500 juta untuk 500 ribu tabung, padahal untuk satu tabung ada delapan poin yang harus diperiksa," katanya.
Sebenarnya Sucofindo menawarkan Rp8.000 lalu turun jadi Rp6.000 per tabung, namun pemerintah tetap tidak bersedia, padahal harga tersebut menurut dia, sudah cukup murah jika dibandingkan dengan resiko dan kerugian yang harus ditanggung jika terdapat ketidaksempurnaan.
"Asesoris tabung gas seperti selang, regulator dan kompornya, seharusnya juga perlu diuji tak rusak. Tapi ini masih sulit berhubung asesoris ini juga belum ber-SNI," katanya.
Sedangkan Kepala Balai Besar Teknologi Kekuatan Struktur BPPT Tri Wibowo menyatakan, adalah hal logis jika kajian tim dari pemerintah menyebutkan ledakan gas yang terbanyak itu disebabkan oleh selang karet, bukan dari tabung.


Related Post:

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di zykry-trick.blogspot.com
Thx to :
Jangan lupa add facebook Zykry Dark
print this page Print this page
Tabung Gas Perlu Uji Tak RusakSocialTwist Tell-a-Friend

Comments :

4 comments to “Tabung Gas Perlu Uji Tak Rusak”

Internet marketing said...
on 

Nice info...emang prlu banget diuji...knapa ya pemerintah gak mau ngluarin uang demi keamanan...salam kenal

Alat Pemadam Api said...
on 

saya setuju lebih baik di uji terlebih dahulu jangan sampai berakibat fatal bagi penggunanya

Unknown said...
on 

nitip pasang backlink ya sob....
Agen Poker Terpercaya

Unknown said...
on 

artikel yang bagus sob....
Agen Poker Terpercaya


Apa pendapat anda?

No spam and no porn yaw!!

Widget By Devils Workshop

Guest Book

Iklan

Pasang iklan anda di Zykry-trick hanya Rp.15.000 /bulan Hubungi : 087 823 177 355 - 085 759 277 896 Facebook : Zykry@programmer.net
 
twitter

Tukeran Link

Tips Dan Trick Blogging

U follow I follow

Statistik


free counters
broadband speed test
Current Events & News Blogs - Blog Rankings Blog Directory
Internet Blogs Web Design & CSS (Graphics) - TOP.ORG
Blogging Blogs - Blog Catalog Blog Directory Online Marketing - OnToplist.com
Web design blogs
The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku
Top 10 Award