Gratis berlangganan artikel Zykry via mail, join sekarang!

Thursday, May 13, 2010

Pria Lajang Mudah Kena Stroke

Menikahlah, menjadi sehat dan berbahagialah. Para lajang, khususnya pria, ternyata memiliki risiko lebih besar untuk terkena stroke. Demikian kesimpulan sebuah studi yang melibatkan lebih dari 10.000 pria.
Setelah menyisihkan faktor stroke lainnya, pria yang melajang pada tahun 1960-an berisiko hingga 64 persen untuk terkena stroke tiga dekade (30 tahun) kemudian dibandingkan rekan mereka yang menikah. Namun, risiko terkena stroke pada pria yang menikah juga masih tinggi, terutama yang pernikahannya tidak bahagia.
Hasil penelitian yang dipresentasikan dalam konferensi American Stroke Association tahun 2010 itu konsisten dengan berbagai literatur yang menyebutkan bahwa dukungan dari pasangan bisa meningkatkan status kesehatan seseorang.
"Orang yang menikah biasanya lebih peduli pada kesehatan. Mereka lebih sering menemui dokter bila sakit dan cenderung punya pola makan sehat," kata Daniel Lackland, profesor epidemiolog dan neuroscience dari Medical University of South Caroline, AS.
Studi mengenai stroke dan status pernikahan ini dilakukan oleh para ilmuwan di Israel yang melibatkan 10.059 pria yang berpartisipasi dalam Israeli Ischemic Heart Disease Study tahun 1963. Dengan menggunakan catatan kematian, para peneliti mencari rekam jejak kesehatan para responden hingga tahun 1997.
Sekitar 8,4 persen yang melajang pada tahun 1963, baik itu karena masih membujang, bercerai, maupun duda karena istri meninggal, ternyata meninggal karena stroke setelah 34 tahun. Angka itu sedikit lebih besar dibanding orang yang menikah, 7,1 persen.
Hasil analisis juga menunjukkan faktor sosial ekonomi dan faktor risiko lain, seperti kegemukan, hipertensi, dan merokok. Ada atau tidaknya penyakit diabetes dan penyakit jantung pada awal studi juga diperhitungkan.
Kendati penelitian ini hanya melibatkan responden laki-laki, para peneliti mengatakan bahwa risikonya tidak jauh berbeda dibanding perempuan. "Pasangan kita biasanya lebih peduli pada gejala atau tanda penyakit yang kita derita sehingga lebih cepat mendapat perawatan. Akibatnya, risiko terjadinya komplikasi atau stroke yang fatal akan berkurang," urai Lackland.


Related Post:

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di zykry-trick.blogspot.com
Thx to :
Jangan lupa add facebook Zykry Dark
print this page Print this page
Pria Lajang Mudah Kena StrokeSocialTwist Tell-a-Friend

Comments :

1
tour and travel di surabaya said...
on 

sukses terus buat blognya.


Apa pendapat anda?

No spam and no porn yaw!!

Widget By Devils Workshop

Guest Book

Iklan

Pasang iklan anda di Zykry-trick hanya Rp.15.000 /bulan Hubungi : 087 823 177 355 - 085 759 277 896 Facebook : Zykry@programmer.net
 
twitter

Tukeran Link

Tips Dan Trick Blogging

U follow I follow

Statistik


free counters
broadband speed test
Current Events & News Blogs - Blog Rankings Blog Directory
Internet Blogs Web Design & CSS (Graphics) - TOP.ORG
Blogging Blogs - Blog Catalog Blog Directory Online Marketing - OnToplist.com
Web design blogs
The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku
Top 10 Award